Yudofu – Tahu Rebus Jepang

Mengenal Yudofu

Yudofu sebenarnya adalah panci hangat Jepang paling sederhana yang pernah ada! Sangat cocok untuk dijadikan sebagai lauk atau camilan yang lezat. Tahu hangat yang lezat ini sebenarnya sehat dan seimbang, mencerahkan sekaligus kaya akan rasa.

Yudofu – Tahu Rebus Jepang
Yudofu – Tahu Rebus Jepang

Apakah Kamu Menyukainya ?

Yudofu sebenarnya sangat mudah didapat bersama dengan beberapa komponen tradisional Jepang. Ini bermanfaat, menenangkan, mengurangi lemak tetapi sarat dengan rasa yang sehat. Difungsikan sebagai makanan musim dingin yang biasa, pasti akan membuat Anda nyaman dari dalam ke luar!

Meskipun tahu sebenarnya tidak memiliki rasa yang kuat dengan sendirinya, keseimbangan kecap, pasokan dashi, dan mirin dalam saus tsuyu Jepang buatan sendiri termasuk rasa umami yang besar. Berikut adalah lebih banyak hidangan tahu yang luar biasa dan konsep bumbu jika Anda ingin tahu lebih banyak.

Lakukan bersama dengan nasi sushi yang enak, acar Jepang buatan sendiri, kinpira gobo (tumis wortel dan burdock) serta hidangan sup miso yang bermanfaat dan Anda akan benar-benar bahagia serta sehat dan seimbang dengan cepat.

Sebenarnya apa sih Yudofu itu?

Yudofu (湯豆腐) sebenarnya adalah makanan hangat Jepang yang mudah dibuat termasuk tahu sutra yang direbus dengan taburan bersama alga kombu (kelp).
Sementara Yudofu sebenarnya dalam beberapa kasus digambarkan sebagai tahu kukus, itu benar-benar disiapkan hanya di bawah kukus untuk mencegah gelembung merusak item tahu sutra halus!

Makanan musim dingin tradisional ini biasanya disajikan dalam pot tanah liat Jepang yang disebut donabe, yang juga dapat dengan mudah digunakan untuk menyiapkan sup mie udon.

Di tempat makan Jepang, tahu rebus hangat sebenarnya ditawarkan di tengah meja makan seperti shabu shabu warm pot, di mana pengunjung dapat dengan mudah tampil sendiri. Di rumah Anda, Anda dapat dengan mudah membuatnya dalam pot biasa dan melakukan bagian-bagian pribadi sebelum menambahkan saus dan hiasan untuk seperti Anda.

Saus tsuyu yang ditawarkan bersama dengan tahu kukus sebenarnya memiliki rasa yang sebanding dengan saus mentsuyu, namun Anda juga dapat dengan mudah menikmatinya bersama berbagai saus Jepang lainnya seperti ponzu (kedelai jeruk) atau bahkan goma try (wijen beludru). Ini seperti saus yang ditawarkan bersama dengan tahu ageashi (tahu goreng yang lebih dalam).

Bahan Untuk Tahu:

10 g rumput laut / kombu 1 butir kering, kira-kira 10cm / 4 di area, di bawah bersama dengan lembaran nori dan tidak jenuh
300 g tahu halus juga disebut tahu sutra, diiris menjadi 4 bagian
Untuk saus:
2 sdm kecap asin
2 sdm mirin
1/4 sdt bubuk dashi dicairkan dalam 2 sdm taburan
Untuk Hiasan:
1-2 daun bawang / bawang bombay segar diiris dengan hati-hati
1-2 sdm bonito flakes / katsuobushi serut bonito flakes

Cara Pembuatan

1. Masukkan taburan ke dalam panci alat dan masukkan kombu. Aktifkan menuju jenuh selama 15 menit. Tidak perlu jenuh jika menggunakan lembaran nori.
10 gr rumput laut kering / kombu

2. Letakkan panci di atas api kecil-sedang, dan ketika Anda melihat gelembung-gelembung kecil mulai muncul di bawah wajan (sekitar 5-10 menit), masukkan tahu dan kombu. Didihkan dengan hati-hati selama 6-8 menit. Mencegah mengukus atau bahkan tahu dapat dengan mudah berantakan.
300 gr tahu halus
3.Selain itu, campurkan kecap asin, kaldu dashi yang dicairkan di taburi, serta mirin ke dalam mangkuk kecil dan aduk rata.
2 sdm kecap asin, 2 sdm mirin, 1/4 sdt bubuk dashi
4. Saat tahu siap, gunakan sendok berlubang atau spatula untuk memindahkan tahu secara menyeluruh ke mangkuk kecil.
5.Sajikan saus tsuyu dengan hati-hati ke dalam makanan , lalu masukkan bersama dengan daun bawang, katsuobushi, shichimi, daikon dan/atau aneka masakan Anda. hiasan pilihan lainnya.
1-2 daun bawang / bawang bombay segar, 1-2 sdm bonito flakes / katsuobushi.